Bimbingan kelompok
1. Dasar pemikiran
Era - informasi
- reformasi
- globaliasasi
- pertambahan penduduk yang sangat cepat
- teknologi
- pelanggaran
- pencurian
- kenakalan
- pemalsuan
- korupsi
- kemalasan/kemiskinan
- penggunaan obat terlarang
Untuk memperoleh informasi dan pemahaman – layanan bimbingan kelompok
Bimbingan kelompok merupakan salah satu jenis layanan bimbingan dan konseling yang diberikan kepada sejumlah orang atau beberapa orang dengan memanfaatkan dinamika kelompok untuk memperoleh informasi dan pemahaman baru dari topik yang dibahasnya.
3. Tujuannya
- untuk pengembangn potensi diri/kepribadian, antara lain berani mengemukakan pendapat dimuka umum, berani menanggapi pendapat orang lain, mampu bertenggang rasa, berani menyampaikan ide dan pengalamannya,serta dapat mengembangkan bakat dan minat
- memperoleh informasi dan pemahaman baru dari topik yang dibahasnya dalam berbagai aspek kehidupan
4. Fungsi
- pemahaman
- pengembangan
5. Asas-asas
- Kesukarelaan : Setiap anggota klp diharap secara sukarela menyampaikan pendapat tanpa paksaan
- Keterbukaan : Agar keg klp ini menjadi dinamis diharapkan anggota u/ lebih terbuka artinya segala sesuatu yg kerkait di hati
- Kegiatan partisipasi anda sngat diharapkan agar kegiatan menjadi lebih bermaknadan diharapkan dalam penyampaian ide
- Kenormatifan pendapat, pengalaman dengan gaya bebas dan nada yang menyenangkan dengan tidak menyudutkan anggota klp.
- Kerahasian apabila dlm pembicaraan nantinya ada kaitan dg kehidupan seseorang diharap semua anggota klp u/ dpt merahasiakannya.
6. Media
Dinamika kelompok buat skenario tahap pembentukan
7. Metode
- diskusi dan tanya jawab
- pembahasan masalah
8. Sasaran
- siswa asuh 150 orang di sekolah
- warga sekolah lainnya
- remaja, pemuda, karyawan
- masyarakat pada umumnya
9. Materi
Topik/persoalan umum di luar diri pribadi, yang pernah dilihat, didengar,dibaca dari berbagai media masa, yang berkaitan dengan bidang pengembangan pribadi, sosial belajar, karir, berkeluarga dan beragama
10. Pembentukan anggota kelompok
- jumlah anggota kelompok maksimal 10 orang
- pembentukannya : 1) secara sederhana dan 2) dengan persyaratan (lebih rasional)
11. Pelaksanaannya
Melalui 4 tahap:
- Pembentukan
- Peralihan
- Kegiatan
- Pengakhiran
12. Evaluasi
Waktu penilaian:
- laiseg
- laijapen
- laijapang ( ada format)
unsur yang dinilai :
- partisipasi
- komitmen
- kemampuan
- perubahan sikap, tingkah laku
Hasil yang diperoleh anggota:
- understanding : pengertian/pemahaman baru
- comfort : perasaan senang/nyaman
- action : pelaksanaan kegiatan
Konseling kelompok
1. Dasar pemikiran
Era - informasi
- Reformasi
- Globaliasasi
- Pertambahan penduduk yang sangat cepat
- Teknologi
Akibat - banyak orang bermasalah
- Bahkan stress
- Termasuk remaja – siswa yang butuh layanan secara efektif dan efisien
2. Pengertian
Konseling kelompok merupakan salah satu jenis layanan bimbingan dan konseling yang diberikan kepada sejumlah orang atau beberapa orang dengan memanfaatkan dinamika kelompok untuk pengentasan masalah pribadi masing-masing anggota kelompok
3. Tujuannya
- Untuk pengembangn potensi diri/kepribadian, antara lain berani mengemukakan pendapat dimuka umum, berani menanggapi pendapat orang lain, mampu bertenggang rasa, berani menyampaikan ide dan pengalamannya,serta dapat mengembangkan bakat dan minat
- Untuk pengentasan masalah pribadi masing-masing anggota kelompok
4. Fungsi
- pengentasan masalah
- Pengembangan potensi
5. Asas-asas
kerahasiaan
- Kesukarelaan : Setiap anggota klp diharap secara sukarela menyampaikan pendapat tanpa paksaan
- Keterbukaan : Agar keg klp ini menjadi dinamis diharapkan anggota u/ lebih terbuka artinya segala sesuatu yg kerkait di hati
- Kegiatan partisipasi anda sngat diharapkan agar kegiatan menjadi lebih bermaknadan diharapkan dalam penyampaian,ide
- Kenormatifan pendapat, pengalaman dengan gaya bebas dan nada yang menyenangkan dengan tidak menyudutkan anggota klp.
- apabila dlm pembicaraan nantinya ada kaitan dg kehidupan seseorang diharap semua anggota klp uuntuk dpt merahasiakannya.
6. Media
Dinamika kelompok buat skenario tahap pembentukan
7. Metode
- Diskusi dan tanya jawab
- Analisis dan pemecahan masalah
8. Sasaran
- Siswa asuh 150 orang di sekolah
- Warga sekolah lainnya
- Remaja, pemuda, karyawan
- Masyarakat pada umumnya
9. Materi
Masalah pribadi yang mengganggu pikiran, perasan, kemauan, bahkan mengganggunaktivitas sehari-hari yang berkaiatan dengan bidang pengembangan pribadi, sosial, belajar, karir, keluarga dan beragama.
10. Pembentukan anggota kelompok
A. Jumlah anggota kelompok maksimal 10 orang
B. Pembentukannya
1) secara sederhana
2) dengan persyaratan (lebih rasional)
11. Pelaksanaannya
Melalui 4 tahap:
- Pembentukan
- Peralihan
- Kegiatan
- Pengakhiran
12. Evaluasi
Waktu penilaian:
- laiseg
B. Laijapang ( ada format)
unsur yang dinilai :
- Pemahaman
- Berkurangnya masalah
- Self-consept
- Pengentasan masalah
Hasil yang diperoleh anggota:
- understanding : pengertian/pemahaman baru
- comfort : perasaan senang/nyaman
- action : pelaksanaan kegiatan
Ada sumber referensinya ga ?
ReplyDeleteGadak sumber referensi nya ya? Ada nggak ada ya?
ReplyDeleteGreat and I have a keen supply: How Many Houses Have Been Renovated On Hometown house to renovate
ReplyDelete