Teori Perkembangan Karir Havigurst
Tugas perkembangan menurut Havighurt adalah tugas-tugas yang harus diselesaikan oleh individu pada fase-fase atau periode kehidupan tertentu. Apabila individu tersebut berhasil mencapai tugas perkembangannya di periode tersebut maka ia akan bahagia, namun sebaliknya bila ia tidak mencapai atau gagal pada tugas perkembangannya maka ia akan kecewa dan dicela oleh orang tua atau masyarakatnya, selain itu ia juga akan mengalami kesulitan dalam menjalankan tugas perkembangan di fase berikutnya.
Yang menjadi sumber dari tugas-tugas perkembangan menurut Havighurt adalah:
1. Kematangan fisik
2. Tuntutan masyarakat atau budaya dan nilai-nilai
3. Aspirasi individu
1. Tugas Perkembangan Masa Bayi dan Kanak-Kanak Awal (0,0–6.0)
· Belajar berjalan pada usia 9.0 – 15.0 bulan.
· Belajar memakan makan padat.
· Belajar berbicara.
· Belajar buang air kecil dan buang air besar.
· Belajar mengenal perbedaan jenis kelamin.
· Mencapai kestabilan jasmaniah fisiologis.
· Membentuk konsep-konsep sederhana kenyataan sosial dan alam.
· Belajar mengadakan hubungan emosional dengan orang tua, saudara, dan orang lain.
· Belajar mengadakan hubungan baik dan buruk dan pengembangan kata hati.
2. Tugas Perkembangan Masa Kanak-Kanak Akhir dan Anak Sekolah (6,0-12.0)
· Belajar memperoleh keterampilan fisik untuk melakukan permainan.
· Belajar membentuk sikap yang sehat terhadap dirinya sendiri sebagai makhluk biologis.
· Belajar bergaul dengan teman sebaya.
· Belajar memainkan peranan sesuai dengan jenis kelaminnya.
· Belajar keterampilan dasar dalam membaca, menulis dan berhitung.
· Belajar mengembangkan konsep-konsep sehari-hari.
· Mengembangkan kata hati.
· Belajar memperoleh kebebasan yang bersifat pribadi.
· Mengembangkan sikap yang positif terhadap kelompok sosial.
3. Tugas Perkembangan Masa Remaja (12.0-21.0)
· Mencapai hubungan yang lebih matang dengan teman sebaya.
· Mencapai peran sosial sebagai pria atau wanita.
· Menerima keadaan fisik dan menggunakannya secara efektif.
· Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya.
· Mencapai jaminan kemandirian ekonomi.
· Memilih dan mempersiapkan karier.
· Mempersiapkan pernikahan dan hidup berkeluarga.
· Mengembangkan keterampilan intelektual dan konsep-konsep yang diperlukan bagi warga negara.
· Mencapai perilaku yang bertanggung jawab secara sosial.
· Memperoleh seperangkat nilai sistem etika sebagai petunjuk/pembimbing dalam berperilaku.
4. Tugas Perkembangan Masa Dewasa Awal
· Memilih pasangan.
· Belajar hidup dengan pasangan.
· Memulai hidup dengan pasangan.
· Memelihara anak.
· Mengelola rumah tangga.
· Memulai bekerja.
· Mengambil tanggung jawab sebagai warga negara.
· Menemukan suatu kelompok yang serasi.
Tugas perkembangan dalam kaitannya dengan kematangan pilihan pekerjaan (Havigurst, 1961)
1. Tingkat TK
Tugas perkembangan menurut Havighurt adalah tugas-tugas yang harus diselesaikan oleh individu pada fase-fase atau periode kehidupan tertentu. Apabila individu tersebut berhasil mencapai tugas perkembangannya di periode tersebut maka ia akan bahagia, namun sebaliknya bila ia tidak mencapai atau gagal pada tugas perkembangannya maka ia akan kecewa dan dicela oleh orang tua atau masyarakatnya, selain itu ia juga akan mengalami kesulitan dalam menjalankan tugas perkembangan di fase berikutnya.
Yang menjadi sumber dari tugas-tugas perkembangan menurut Havighurt adalah:
1. Kematangan fisik
2. Tuntutan masyarakat atau budaya dan nilai-nilai
3. Aspirasi individu
1. Tugas Perkembangan Masa Bayi dan Kanak-Kanak Awal (0,0–6.0)
· Belajar berjalan pada usia 9.0 – 15.0 bulan.
· Belajar memakan makan padat.
· Belajar berbicara.
· Belajar buang air kecil dan buang air besar.
· Belajar mengenal perbedaan jenis kelamin.
· Mencapai kestabilan jasmaniah fisiologis.
· Membentuk konsep-konsep sederhana kenyataan sosial dan alam.
· Belajar mengadakan hubungan emosional dengan orang tua, saudara, dan orang lain.
· Belajar mengadakan hubungan baik dan buruk dan pengembangan kata hati.
2. Tugas Perkembangan Masa Kanak-Kanak Akhir dan Anak Sekolah (6,0-12.0)
· Belajar memperoleh keterampilan fisik untuk melakukan permainan.
· Belajar membentuk sikap yang sehat terhadap dirinya sendiri sebagai makhluk biologis.
· Belajar bergaul dengan teman sebaya.
· Belajar memainkan peranan sesuai dengan jenis kelaminnya.
· Belajar keterampilan dasar dalam membaca, menulis dan berhitung.
· Belajar mengembangkan konsep-konsep sehari-hari.
· Mengembangkan kata hati.
· Belajar memperoleh kebebasan yang bersifat pribadi.
· Mengembangkan sikap yang positif terhadap kelompok sosial.
3. Tugas Perkembangan Masa Remaja (12.0-21.0)
· Mencapai hubungan yang lebih matang dengan teman sebaya.
· Mencapai peran sosial sebagai pria atau wanita.
· Menerima keadaan fisik dan menggunakannya secara efektif.
· Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya.
· Mencapai jaminan kemandirian ekonomi.
· Memilih dan mempersiapkan karier.
· Mempersiapkan pernikahan dan hidup berkeluarga.
· Mengembangkan keterampilan intelektual dan konsep-konsep yang diperlukan bagi warga negara.
· Mencapai perilaku yang bertanggung jawab secara sosial.
· Memperoleh seperangkat nilai sistem etika sebagai petunjuk/pembimbing dalam berperilaku.
4. Tugas Perkembangan Masa Dewasa Awal
· Memilih pasangan.
· Belajar hidup dengan pasangan.
· Memulai hidup dengan pasangan.
· Memelihara anak.
· Mengelola rumah tangga.
· Memulai bekerja.
· Mengambil tanggung jawab sebagai warga negara.
· Menemukan suatu kelompok yang serasi.
Tugas perkembangan dalam kaitannya dengan kematangan pilihan pekerjaan (Havigurst, 1961)
1. Tingkat TK
- Peningkatan kemampuan untuk menolong dirinya sendiri;
- Identifikasi jenis kelamin orang tua;
- Peningkatan kemampuan untuk memimpin diri sendiri.
- Kemampuan untuk mengerti tentang perusahaan;
- Pemilihan aktivitas yang sesuai dengan salah satu kemampuannya;
- Penerimaan tanggung jawab salah satu aktivitas;
- Pemilihan salah satu aktivitas di sekitar rumah;
- Meningkatatkan kemampuan dan kecakapan;
- Memilih lanjutan studi atau bekerja;
- Memilih ketrampilan yang sesuai;
- Perkembangan dari kebebasan;
- Memilih PT atau bekerja;
- Memilih jurusan yang sesuai;
- Memilih pekerjaan yang cocok;
- Perkembangan ketrampilan suatu pekerjaan;
- Stabilitas dalam waktu pekerjaan;
- Perlengkapan untuk keamanan masa depan;
- Penemuan suatu cara yang tepat untuk suatu kemajuan;
- Perlahan-lahan siap untuk pengunduran diri;
- Menemukan aktivitas yang cocok untuk pemanfaatan waktu luang;
- Memelihara persediaan hidup selama mungkin;
Title : Teori Perkembangan Karir Havigurst
Description : Teori Perkembangan Karir Havigurst Tugas perkembangan menurut Havighurt adalah tugas-tugas yang harus diselesaikan oleh individu pada f...
Description : Teori Perkembangan Karir Havigurst Tugas perkembangan menurut Havighurt adalah tugas-tugas yang harus diselesaikan oleh individu pada f...
0 Response to "Teori Perkembangan Karir Havigurst"
Post a Comment